You are currently viewing Dampak Cuaca Ekstrim, Kades Gadog Imbau Warganya Tetap Waspada

Dampak Cuaca Ekstrim, Kades Gadog Imbau Warganya Tetap Waspada

  • Post author:
  • Post category:Featured

Kepala Desa Gadog, Dedi Junaedi

wartapakwan.co id, MEGAMENDUNG – Kepala Desa (kades) Gadog, Dedi Junaedi kecamatan Megamendung mengimbau kepada warganya untuk tetap waspada terhadap bencana alam. Hal itu, mengingat akhir-akhir ini curah hujan di Kabupaten Bogor cukup tinggi, terlebih di kawasan Puncak.

“Wilayah kami memang masuk wilayah yang rawan bencana, sebab berada di dataran tinggi. Untuk itu, kami mengimbau kepada warga untuk siaga dan waspada,” kata Dedi dikantornya, di Jalan Gadog, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jumat (28/12).

Ia menjelaskan, bahwa di Desa Gadog Kecamatan Megamendung memiliki 7 RW dan 29 RT. Sedangkan jumlah warganya sebanyak 7.812 jiwa dari 2.420 Kepala Keluarga (KK).

“Dari 7 RW itu ada dua titik yang rawan longsor yaitu RW 03 dan 07, tapi yang paling rawan di RW 07, karena wilayahnya berada di perbukitan atau dibawah tebing. Sehingga ada sekitar 280 KK yang rawan akan bencana,” jelasnya.

Meski begitu, lanjut Dedi, pihaknya terus lakukan komunikasi dengan pejabat RT/RW setempat untuk selalu memantau wilayahnya masing-masing. Bukan itu saja, dirinya mengaku sudah melakukan pelatihan terkait penanganan dalam mengantisipasi bencana longsor.

“Dulu kita pernah mengadakan simulasi penanganan bencana bersama BPBD Kabupaten Bogor dan organisasi yang ada di Desa Gadog, termasuk Linmas dan Siskomdes. Program tersebut masih tetap berjalan melalui Linmas sebagai garda terdepan untuk memonitor rawan bencana ujarnya.
(Erik/wartapakwan.co.id)