Bangun Zona Integritas Menuju WBK/ WBBM, Masyarakat Bisa Gunakan Fasilitas Daftar Lewat WhatsApp

Featured POLHUKAM Publikasi Technology

wartapakwan.co.id, BOGOR TENGAH – Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan bebas korupsi, kantor imigrasi kelas I NON TPI Kota Bogor Jalan Ahmad Yani, Kelurahan Tanah Sareal, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor melaksanakan deklarasi pencanangan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) tahun 2019, Selasa (18/12).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bogor NON TPI Bogor, Suhendra mengatakan pembangunan zona integritas merupakan suatu peningkatan layanan lebih baik yang berpihak terhadap masyarakat.

“Tujuannya peningkatan kualitas dan juga melaksanakan pelayananan yang bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme maupun tindakan koruktif lainnya,” jelasnya pada wartapakwan.co.id

Dengan mengusung tema “Satu Tekad wujudkan Zona Intergritas Menuju WBK /WBBM” Ia berharap komitmen bersama merupakan untuk memberikan pelayanan secara maksimal terhadap masyarakat.

“Kita sudah mengikrarkan bahwa pelayanan kita bebas dari korupsi dan sudah mensosialisasikan kepada seluruh staf di kantor imigrasi,”

Ia mengakui pihaknya telah melaksanakan beberapa perubahan serta sudah meningkatkan jumlah kuota dan semua layanan yang diberikan kepada masyarakat telah menggunakan sistem online.

“Masyarakat sebelum datang ke kantor semua pemohon itu mengajukan antriannya melalui whatsapp, pemohon yang datang ke kantor adalah pemohon yang sudah terjadwal. Jadi ini adalah bagian dari transparansi yang sudah kita awali dengan pemberian nomor antrian secara online. jadi mereka hanya mengikuti tiga langkah,”

Dengan memberikan bukti pendaftaran melalui aplikasi whatsapp mereka tinggal menunggu mendaptkan nomor antrian untuk pengambilan foto, sidik jari dan wawancara serta pengambilan data bio metrik. Lalu setelah itu pemohon diberikan bukti pembayaran, mereka bisa melakukan pembayaran di Kantor Pos atau Bank. Dihari ketiga pemohon sudah bisa mengambil paspor.

Selain layanan online pihaknya mengatakan layanan yang sifatnya work in pemohon yang datang untuk kategori lansia dan berkebutuhan khusus baik pemohon paspor yang memerlukan paspor dalam kebutuhan mendesak misalkan sakit, berobat, tugas mendadak yang sifatnya emergency dapat diberikan pelayanan secara langsung.

“Intinya pelayanan secara transparan apa yang jadi haknya masyarakat kita berikan. Selama ini kita sudah mengimplementasikan tapi tahun ini kita mencanangkan,” tandasnya.
(Erik/wartapakwan.co.id)