You are currently viewing Bakamla Gandeng PPMKP Latih Pegawai Baru

Bakamla Gandeng PPMKP Latih Pegawai Baru

Pembukaan Latsar PPMKP bersama Bakamla.

Ciawi–Ada yang tidak biasa dari pembukaan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) yang belangsung Senin (27/8) lalu. Jika biasanya dilaksanakan di dalam ruangan, kali ini ratusan pemuda berbaris rapi di Lapangan Komplek Surya Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi. Mereka berdiri tegak, sikap sempurna bak tentara, kemudian secara serentak meneriakkan yel-yel kebanggan mereka.

Mereka adalah para CPNS Golongan II dari Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla) yang mengikuti prosesi awal kegiatan yang akan berlangsung selama 113 hari ke depan. Dalam upacara yang dipimpin Kepala Biro Umum Bakamla, Brigjend TNI Mar. Sandi Muhidin Latif tersebut, juga dihadiri Kepala PPMKP, Heri Suliyanto beserta jajaran pejabat dari PPMKP dan Bakamla.

Dalam pelaksanaan Latsar CPNS Golongan II ini, Bakamla mempercayakan kepada PPMKP untuk melatih para pegawai barunya agar memiliki sikap perilaku dan disiplin PNS. Selain itu, pegawai baru tersebut juga harus mamiliki kemampuan untuk mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya, mengaktulisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta menunjukkan penguasaan kompetensi teknis yang dibutuhkan sesuai bidang tugasnya.

Dalam amanat tertulis yang dibacakan Sandi Muhidin Latif, Kepala Bakamla menekankan bahwa profesionalisme dari seorang ASN merupakan tuntutan untuk menjalankan fungsi-fungsi dalam organisasi. Profesionalisme merupakan prioritas utama dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) di Bakamla. “Tentu saja dalam membangun profesionalitas ASN juga harus dilandasi dengan moral positif yang dimiliki oleh setiap CPNS Bakamla, sebab tanpa moral yang baik, maka profesionalitas tidak akan tercapai,” paparnya.

Sandi juga menekankan, melalui Latsar tersebut diharapkan lahir SDM yang mampu berperan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa yang beretika moral, bebas dari intervensi politik, dan KKN. SDM yang juga mampu bekerja sebagai pelayan publik serta perekat persatuan bangsa, serta memiliki kemampuan menjalankan tugas dalam rangka pembangunan di bidang-bidang tertentu.

Di akhir pidato pembukaan Latsar, Sandi memberikan selamat kepada para CPNS Bakamla yang telah berhasil masuk dalam organisasi BAKAMLA di tengah ketatnya persaingan serta sistem perekrutan yang berubah serta terbuka dengan kuota terbatas. Ia berpesan agar bekerja secara tekun, mematangkan etika serta moral sebagai ASN yang berkredibel, mengikuti instruksi dan menjaga sikap sehingga menjadi ASN yang diharapkan oleh negara.***