Amankan Pilkada se-Jawa Barat, Polda Jabar Kerahkan 21.500 personel

Featured Galleries Olah Raga POLHUKAM Sejarah
Polresta Bogor Kota menggelar Simulasi Tri Patra di BNR, Sabtu (3/2} 2018. Foto: Tjahyadi Ermawan

Bogor | WartaPakwan.co.id

Jajaran Polda Jawa Barat mengerahkan 21.500 personil ditambah 27 SSK bantuan dari Pangdam III/Siliwangi untuk mengamankan pelaksanaan Pemilihan Gubernur Jabar, dan Pilkada di lima belas kota/kabupaten se-Jawa Barat pada 27 Juni 2018.

Hal tersebut diungkap Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto usai memantau kesiapan pasukannya dalam Apel Pilkada Damai dan Simulasi Tripatra yang digelar Polresta Bogor Kota di kawasan Orchard Road, Bogor Nirwana Residence, Kota Bogor, Sabtu (3/2/2018).

“Sesuai petunjuk dan perintah dari Bapak Panglima TNI dan Kapolri, maka di semua daerah yang akan melaksanakan Pilkada, dibentuk Tripatra, termasuk di Jawa Barat. Unsurnya terdiri dari Sabhara, Brimob dan satuan TNI di  masing-masing wilayah,” jelas Agung.

Dengan dibentuknya Tripatra, lanjut Agung, kordinasi dengan TNI akan semakin baik. Hal ini karena dalam Tri Patra unsur satuan TNI di wilayah sudah otomatis melekat. “Andai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, dan skalanya membesar. Maka rekan-rekan dari TNI di wilayah bisa cepat bergerak dan melakukan langkah-langkah yang diperlukan,” pungkas Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto.

Pantauan dilakukan dalam apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja Lodaya yang diikuti sekitar 1.200 orang personel gabungan Polresta Bogor Kota, Polres Bogor Kabupaten, Brimob Polda Jabar, anggota TNI, Satpol PP, Dishub, jajaran anggota PPS dan PPK Kota Bogor. Turut hadir juga seluruh pasangan calon dan partai peserta Pilkada Kota dan Kabupaten Bogor, Bupati Bogor Nurhayanti, serta Ketua KPU Kota Bogor, Undang Suryatna, Ketua KPU Kabupaten Bogor Hariyanto Surbakti serta Bawaslu dari kedua wilayah.

Dalam giat tersebut, turut dilakukan deklarasi damai oleh seluruh paslon dan partai peserta Pilkada Kota dan Kabupaten Bogor. Selain itu, turut dipertunjukan pula simulasi Tripatra pengamanan Pilkada 2018 oleh jajaran Polresta Bogor Kota dan TNI yang dilangsungkan di Orchard Walk Bogor Nirwana Residence (BNR) Jl. Bogor Nirwana Residence, Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan. (cay)