You are currently viewing A Torpin Berani Jamin Jernihkan Kali Item di Indonesia
A Torpin Berani Jamin Jernihkan Kali Item di Indonesia. Foto: tjahyadi ermawan/wartapakwan

A Torpin Berani Jamin Jernihkan Kali Item di Indonesia

A Torpin Berani Jamin Jernihkan Kali Item di Indonesia. Foto: tjahyadi ermawan/wartapakwan

Wartapakwan.co.id, BOGOR – Untuk kedua kalinya baliho mengenai Kali Item dan Rem Blong terpasang di pagar bangunan Resto Asinan Nyonya Yenny di Jalan Binamarga No 1, Kota Bogor. Isi dari baliho itu pun tidak kepalang tanggung. Si empunya baliho, A Torpin mengklaim memiliki metode jitu untuk menangani dua masalah besar tersebut.

Ditemui wartawapakwan.co.id, A. Torpin menegaskan bahwa Kali Item dan Rem Blong merupakan masalah besar berskala nasional. Kali item tidak hanya ada di kali-kali besar di Jakarta, namun juga di sejumlah kota besar lainnya di Indonesia. “Kali item itu enggak nyaman, kotor dan bau. Nggak sehat untuk warga di sepanjang bantaran kali. Mereka juga berhak untuk lingkungan yang sehat,” tegas A. Torpin.

Dengan metode dan alat yang dirancangnya, hal mana sudah terpendam selama 18 tahun, A.Torpin bakal ‘merias’ Kali Item kembali bening dan tidak berbau. “Kalau sudah pada bening-bening, nanti Namanya jangan kali item, tapi kembali dengan nama Kali Sentiong,” ujarnya halus.

Begitu pun ketika ditanya mengenai rem blong, owner Asinan Nyonya Yenny ini menyebut hal itu merupakan masalah kemanusiaan. “Betapa sedihnya keluarga yang ditinggalkan akibat kecelakaan lalu lintas yang disebabkan mobil, bus atau truk yang mereka tumpangi mengalami rem blong. Ini bisa kita tangani. 99,9 persen dijamin nggak ada lagi rem blong,” papar A. Torpin.

Khusus mengenai rem blong, A Torpin mengatakan metode dan system penanganannya akan dihibahkan. “Demi kemanusiaan, metodenya, sistemnya akan saya hibahkan kepada instansi terkait dan berwenang untuk mengatasi masalah rem blong ini,” ujarnya. (cay/wartapakwan.co.id)