You are currently viewing 800 unit rumah Rusak, Bima Arya : Salurkan Bantuan Darurat Segera Mungkin

800 unit rumah Rusak, Bima Arya : Salurkan Bantuan Darurat Segera Mungkin

  • Post author:
  • Post category:Featured

Petugas Dinas Kebersihan dan Pertamanan Tampak Mengevakuasi Pohon yang Melintang, Jumat (7/12)

wartapakwan.co.id. BOGOR SELATAN –
Pohon tumbang yang menutup separuh Jalan Lawanggintung, Kelurahan Lawanggintung, Kecamatan Bogor Selatan, RT.04/03, Kota Bogor, mulai di evakuasi oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Bogor dan dibantu warga sekitar, Jumat (7/12).

Evakuasi sempat membuat arus lalulintas tersendat namun dapat diurai oleh petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor yang berjaga di lokasi.

Edi Susmoro, warga setempat yang terkena dampak terjangan angin puting beliung memaparkan persitiwa tersebut.

“Saya sempat keluar melihat keadaan, pohon depan warung saya sudah goyang-goyang, tiba-tiba pohon jatuh ke jalan terus warung saya atapnya ikut kebawa karena ada tali yang diiket ke pohon itu,” paparnya pada wartapakwan.co.id.

Beruntung dalam peristiwa tersebut pihaknya mengaku tidak ada korban jiwa, namun pohon yang tumbang di area depan warung miliknya menimpa dua unit kendaraan yang melintas.

Terpisah, Walikota Bogor Bima Arya Sugiarto menyampaikan keprihatinannya atas bencana angin puting beliung yang menerjang di sejumlah titik di kawasan Kecamatan Bogor Selatan yang terjadi kemarin sore.

“Hujan badai dan angin puting beliung yang melanda Kota Bogor di wilayah Selatan dan Timur sore tadi mengakibatkan setidaknya sampai saat ini terdata sekitar 800 rumah yang terdiri dari rusak 770 unit wilayah selatan dan 30 unit wilayah Timur. Pemkot akan memberikan santunan dan bantuan maksimal untuk keluarga korban,” ungkapnya.

Ia menambahkan, saat ini Pemkot bersama TNI/Polri, BPBD dan Tagana Kota Bogor masih melakukan pendataan di lapangan, evakuasi serta pembersihan jalur transportasi di lokasi bencana.

“Saya juga sudah menginstruksikan Camat hingga Lurah untuk berkoordinasi dengan Dinsos dan BPBD guna menyalurkan bantuan darurat sesegera mungkin,” tandasnya.

Bima juga mengimbau warga untuk tetap waspada dengan menghindari berkendara saat hujan lebat dan tidak memarkir kendaraan di bawah pohon.

“Jika ada potensi angin perhatikan arahnya dan jangan melintas didepan arah pergerakan angin puting beliung termasuk berteduh di bangunan tua atau yang potensial roboh,” tandasnya.
(Benkz/wartapakwan.co.id)