Kotak Suara Rusak di Ciseeng, Ketua KPU Kabupaten Bogor : Bukan Masalah Besar

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor, Ummi Wahyuni. Foto : Istimewa

wartapakwan.co.id, CIBINONG – Rusaknya kotak suara yang diterjang banjir pada Senin (15/4/2019) malam di wilayah Kecamatan Ciseeng Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bogor pun langsung mendistribusikan penggantian.

Ketua KPU Kabupaten Bogor, Ummi Wahyuni mengungkapkan jika pihaknya memiliki cadangan kotak suara sebanyak 7.000 buah. Dengan kata lain, kerusakan di Ciseeng tidak menjadi sebuah masalah besar.

“Hari ini langsung didistribusikan penggantinya, semalam kebetulan memang petugas di lokasi sedang seting logistik, jadi banyak yang bisa diselamatkan dan aman karena terbungkus plastik. Jadi kita hanya kirim pengganti kota suara yang rusak saja,” kata dia.

Kondisi gudang penyimpanan kotak suara

Diberitakan sebelumnya sebanyak 682 dari total 1.450 kotak suara berisi dokumen pemilu pileg dan pilpres di Ciseeng Kabupaten Bogor diterjang banjir sehingga tembok yang jebol kemudian menyebabkan lumpur dan air menggenangi bangunan gudang.

Panitia pengawas Kecamatan (Panwascam) Ciseeng, Mulyadi menjelaskan, bahwa kejadian gudang jebol sekira pukul 19.00 WIB.

Pihaknya menetahui sejak menerima laporan dari petugas di lokasi bahwa ada air masuk beserta lumpur tanah merah karena jebol tembok gudang.

“Pas kita datang ke lokasi sudah penuh dengan lumpur. Kalau yang di bawah ini kan ditumpuk kotak suaranya, tidak mungkin terselamatkan kecuali yang dibungkus plastik masih bisa terselamatkan,” jelasnya.

Editor : Bambang Supriyadi