Diterjang Banjir 682 Kotak Suara di Ciseeng Bogor Rusak

Kondisi gudang penyimpanan kotak suara yang terendam. Foto : Istimewa

wartapakwan.co.id, CISEENG – Setidaknya 682 dari total 1.450 kotak suara berisi dokumen pemilu pileg dan pilpres di Ciseeng Kabupaten Bogor diterjang banjir.

Petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) Selamet, menuturkan peristiwa tersebut terjadi saat hujan deras dan angin puting beliung yang melanda wilayah sekitar.

“Kejadiannya semalem hujan deras sama angin puting beliung, dan yang jebol pondasi puskesmas di sebelah, airnya lalu masuk ke GOR Kecamatan dan kita buru buru nyelamatin tumpukan kotak yang di atas sementara di bawah sudah ringsek,” tuturnya, Senin (15/4/2019).

Hingga berita ini diturunkan petugas di Gedung serbaguna PGRI Ciseeng yang dijadikan tempat penyimpanan logistik pemilu untuk 10 desa di kecamatan tersebut, masih melakukan inventarisasi kerusakan yang ditimbulkan akibat banjir.

Mereka juga masih menghitung jumlah kotak suara dan dokumen berupa surat suara, segel, kertas plano, daftar hadir dan alat coblos yang dapat di pergunakan.

Hal senada diungkapkan oleh Panitia pengawas Kecamatan (Panwascam) Ciseeng, Mulyadi. Ia menjelaskan, bahwa kejadian gudang jebol sekira pukul 19.00.

Saat itu pihaknya menerima laporan dari petugas di lokasi bahwa ada air masuk beserta lumpur tanah merah karena jebol tembok gudang.

“Pas kita datang ke lokasi sudah penuh dengan lumpur. Kalau yang di bawah ini kan ditumpuk kotak suaranya, tidak mungkin terselamatkan kecuali yang dibungkus plastik masih bisa terselamatkan,” jelasnya.

Ia juga menambahkan, Kotak suara yang rusak itu tadi malam terhitung ada 682 dan yang terselamatkan sekitar 600. Karena, masih ada kekurangan kotak suara untuk di wilayah Ciseeng.

“Kita sudah konfirmasi dengan KPU segera untuk di kirim kotak suara karena kotak suara sudah harus di kirim ke masing-masing TPS. Sementara ini Surat suara kita sedang rekap dulu,”pungkasnya.

Editor : Bambang Supriyadi