Bawaslu: Tidak Boleh Lagi Ada Kampanye di Masa Tenang Dalam Bentuk Apapun!

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bogor Yustinus Eliyas saat memimpin apel pembersihan alat peraga kampanye di Lapangan Kresna, Kelurahan Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Minggu (14/4/2019.

wartapakwan.co.id, BOGOR UTARA – Pemilu 2019 memasuki masa tenang. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan masa tenang Pemilu 2019 pada 14-16 April. Berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) selama masa tenang peserta pemilu dilarang melaksanakan kampanye dalam bentuk apa pun.

Masa tenang berlangsung selama tiga hari sebelum hari dan tanggal pemungutan suara.

Hal itu disampaikan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bogor Yustinus Eliyas mengatakan bahwa masa tenang diberlakukan hingga masa pencoblosan surat suara pada 17 April 2019.

Ia pun menegaskan bahwa pada masa tersebut tidak adalagi kegiatan kempanye. Bahkan jika terdapat Calon Anggota Legislatif (Caleg) ataupun tim kampanye melakukan aktifitas kampanye maka akan ditindak tegas.

“Sampai tanggal 17 tidak boleh ada aktifitas atau slogan atau atribut atau apapun terkait alat peraga kampanye terpasang lagi, Caleg itu tidak boleh ada kegiatan aktifitas kampanye dihentikan tidak adalagi,” jelasnya usai apel pembersihan alat peraga kampanye di Lapangan Kresna, Kelurahan Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Minggu (14/4/2019).

Meski demikian, Yustinus pun memastikan tidak terkecuali untuk kegiatan yang dikemas dengan acara sosial.

“Apapun itu tidak diperbolehkan lagi tidak diperbolehkan karena yang dibolehkan itu internal partai di dalam tempat partai atau ruangan partai, sanksi terberatnya kalau ketahuan itu bisa pembatalan calon karena mengganggu hari tenang,” ujarnya.

Reporter : Erik Sahuleka
Editor      : Bambang Supriyadi