Hadiri Forum Perangkat Daerah, Iwan Setiawan : Fokus Lima Hal Program Unggulan Pancakarsa

Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan saat memberikan sambutan di kegiatan forum perangkat daerah, di Aula Kantor Bappenda Kabupaten Bogor, Senin (11/2). Foto|Dok. Diskominfo.

wartapakwan.co.id, CIBINONG – Forum Perangkat Daerah Kabupaten Bogor menggelar rapat Penyusunan Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah Tahun 2020 dengan tema optimalisasi Pendapatan Daerah untuk Membangun Masa Depan Kabupaten Bogor dengan Panca Karsa, yang dilaksanakan di Aula Kantor Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Kabupaten Bogor, Senin (11/2).

Dalam kesempatan itu hadir wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan serta beberapa narasumber diantaranya Direktur Pendapatan Daerah pada Direktorat Jenderal Bina Keuangan Kemendagri Dr. Hendriawan, M.Si, Kepala Sub Bidang Perencanaan dan Pengembangan Bappenda Provinsi Jawa Barat M. Deni Zakaria, S.STP, M.Si dan Kasubbid Anggaran II BPKAD Provinsi Jawa Barat Momi Gustiar S.Sso, M.M.

Menurut Iwan, peraturan pemerintah Nomor 45 tahun 2017, bahwa Pemerintah Daerah mendorong partisipasi masyarakat dalam kegiatan penyusunan rencana kerja perangkat daerah.

“Kita mendorong partisipasi masyarakat dalam penyusunan rencana kerja perangkat daerah, atas dasar tersebut Pemerintah Kabupaten Bogor telah menjadwalkan pelaksanaan forum perangkat daerah bagi 32 perangkat daerah mulai tanggal 11 Februari hingga 22 Februari 2019 mendatang, guna menyelaraskan pelaksanaan urusan pemerintah daerah dalam rangka merumuskan program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi perangkat daerah,” kata Iwan.

Rancangan awal, lanjut Iwan, rencana kerja perangkat daerah yang telah disusun diharapkan dapat dikritisi oleh seluruh peserta forum agar dapat diprioritaskan, mana kegiatan yang benar-benar dapat mendukung terwujudnya visi dan misi periode 2018-2023.

“Pada dasarnya semua kegiatan menjadi prioritas, tapi kita sekarang harus benar-benar lihat mana program yang harus menjadi prioritas, disisi lain wilayah administratif yang cukup luas dan besarnya jumlah penduduk Kabupaten Bogor yang harus dilayani juga mendorong kita untuk fokus pada lima hal yang tercermin dalam program-program unggulan pancakarsa, yaitu masyarakat Bogor harus cerdas, Bogor harus sehat, harus maju dalam perekonomian, pembangunan harus terlihat dan dirasakan manfaatnya dan masyarakat Kabupaten Bogor harus memiliki keberadaban,” pungkasnya.

Reporter : Bambang Supriyadi
Editor      : Bambang Supriyadi