You are currently viewing 120 Peserta Latsar CPNS Gol. III Non Kementan dinyatakan Lulus 100%
Para peserta Latsar PPMKP.

120 Peserta Latsar CPNS Gol. III Non Kementan dinyatakan Lulus 100%

Para peserta Latsar PPMKP.

Ciawi — Sebanyak 120 peserta Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil Golongan III Non Kementerian Pertanian dinyatakan lulus 100 %, hal ini disampaikan Eri Herlina Kepala Seksi Penyelenggaraan Pelatihan Manajemen saat menyampaikan laporan penyelenggaraan pelatihan pada upacara penutupan di Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Rabu, (7/11).
Eri mengungkapkan penilaian terhadap kelulusan perserta difokuskan pada aspek evaluasi akademik 20%, evaluasi rancangan aktualisasi 20%, evaluasi pelaksanaan aktualisasi 30%, evaluasi sikap dan perilaku 10% dan evaluasi penguatan kompentensi dan evaluasi akhir 20%.
“ Setelah merangkum seluruh aspek penilaian, maka peserta dinyatakan lulus 100%, “ papar Eri, disambut tepuk tangan peserta.
120 peserta yang dibagi menjadi 3 angkatan, XIV, XV dan XVII ini telah menyelesaikan masa pelatihan selama kurang lebih 113 hari terbagi atas 33 hari kerja pembelajaran klasikal dan 80 hari kerja non klasikal sejak 24 Juni – 7 Nopember 2018 dengan tahap pembelajaran kurikulum pembentukan karakter PNS yang terdiri dari agenda sikap perilaku bela negara, agenda nilai-nilai dasar PNS, agenda kedudukan dan peran PNS dalam NKRI serta agenda habituasi. Pada pelatihan ini juga memuat kurikulum penguatan teknis bidang tugas yang terdiri dari kompetensi teknis umum/administrasi dan kompetensi teknis subtansi.Tujuan penyelenggaraan latsar ini adalah untuk memenuhi persyaratan sebagai CPNS. Para peserta mendapatkan pemahaman tentang organisasi serta pembentukan kompetensi dalam pekerjaan sehari-hari.
Para peserta latsar juga mendapatkan kesempatan melakukan visitasi Ke Balai Besar Sumber Daya Lahan Pertanian (BBSDLP) Cimanggu Bogor dan Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno Hatta dan Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian guna pendalaman materi.
Selain Kepala PPMKP, dalam acara penutupan hadir Kepala Bagian Pengembangan SDM Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), Kepala Bagian Kepegawaian Kemenpolhukam RI, Kepala Bagian Tata usaha Batan, dan perwakilan KPP – PA.
Sementara itu dalam arahannya Kepala PPMKP Heri Suliyanto mengatakan Lulus Latsar tidak serta merta peserta juga dinyatakan lulus menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).
“ Statusnya masih Calon, sebelum mengikuti proses selanjutnya, ’ jelasnya
Heri melanjutkan persyaratan lain yang harus dipenuhi agar seorang CPNS diangkat menjadi PNS, yaitu dinyatakan sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba; hasil penilaian kinerja dan perilaku selama menjadi CPNS minimal bernilai baik; dan mengucapkan sumpah janji PNS. Iapun berpesan agar CPNS yang hari ini telah lulus Latsar agar tidak menodai kemuliaan pekerjaan sebagai PNS.
“ Bekerjalah profesional, disiplin, dan menjauhkan diri dari perbuatan yang menyimpang, dan KKN,” pesan Heri. (*).