You are currently viewing 1.400 Personel Gabungan Siap Amankan Operasi Lilin Lodaya Pada Malam Natal dan Tahun Baru

1.400 Personel Gabungan Siap Amankan Operasi Lilin Lodaya Pada Malam Natal dan Tahun Baru

Ribuan Personel Gabungan saat menghadiri Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Lodaya 2018 di Lapangan Mako Polres Bogor, Kamis (20/12).

wartapakwan.co.id, CIBINONG – Kapolres Bogor AKBP Andi M. Dicky pimpin pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Ops Lilin Lodaya 2018 di Lapangan Mako Polres Bogor, Kamis (20/12).

Gelar pasukan ini dihadiri oleh berbagai elemen mulai dari Pemerintah Daerah, Satpol PP, Kesehatan, Dinas perhubungan, TNI, BPBD, JKU, Senkom dan tak terkecuali Polisi.

“Titik atensi operasi ini yang pertama adalah kegiatan ibadah, rangkaian kegiatan ibadah itu sudah dimulai bahkan hari minggu, senin hingga selasa, kemudian pada saat bersamaan juga ada antisipasi liburan, liburan ini yang paling favorit salah satunya jalur puncak kemudian tempat-tempat lain yang ada disekitar Kota Bogor, kita sebagai penyanggah Kota Jakarta dan Kota Bogor termasuk juga di daerah-daerah Barat, Parung, Ciseeng, Halimun, Gunung Salak itu juga banyak tempat wisata,”jelas A.M Dicky saat ditemui wartapakwan.co.id usai memimpin gelar pasukan.

Dengan telah diresmikannya tol Bocimi tahap satu, Lanjut Dicky, pihaknya mengakui akan menambah lonjakan arus wisatawan, baik yang menuju wilayah bogor maupun sebaliknya.

“Kita antisipasi juga untuk pengamanan lalu lintas pun kita perkuat, kerawanan kemacetan. Saat ini juga pada musim penghujan biasanya diwarnai dengan hujan yang terus menerus, kerawanan longsor maupun banjir itu dari aparat pemerintah daerah BPBD, SAR dan semuanya yang ada di instansi sudah disiapkan tentunya keamanan ini tidak bisa dilakukan sendiri sendiri pengamanan ini harus dilaksanakan secara bersama karena mengingat terbatasnya sumber daya,”

Ia menghimbau kepada masyarakat terlebih yang meninggalkan rumah dalam keadaan kosong dapat menitipkan kepada kepala wilayah sehingga dapat dilakukan pengamanan serta penjagaan.

“Barang-barang berharga juga kita himbau untuk disimpan ditempat yang aman dan untuk kendaraan bermotor yang mungkin ditinggalkan bisa dititipkan dikantor kantor seperti Polsek, Koramil atau mungkin di Kecamatan,”

Diberitakan sebelumnya Satlantas Polres Bogor akan melakukan rekayasa lalulintas dengan menutup jalur wisata Puncak, Kabupaten Bogor, pada malam pergantian tahun 2019 selama 12 jam.

Kasat Lantas Polres Bogor AKP Hasby Risatama mengatakan penutupan jalur wisata tersebut akan diberlakukan terhitung pukul 18.00 WIB 31 Desember 2018 hingga pukul 06.00 WIB pada 1 Januari 2019.

“Penutupan jalur ini dimaksud untuk mengurai kemacetan saat pelaksaanan liburan Natal dan tahun baru ini. Berlaku hanya untuk kendaraan roda empat atau lebih saja,” kata Hasby.

Penutupan ini, akan berlaku dua arah baik dari arah Jakarta menuju Cianjur maupun arah sebaliknya. Ia pun mengarahkan masyarakat untuk menggunakan jalur alternatif via Sukabumi maupun Jonggol.

“Masyarakat yang mau ke Cianjur bisa lewat jalur Jonggol atau Sukabumi. Kita juga koordinasi dengan Polres Cianjur untuk sama-sama mengamankan Jalur Puncak ini, karena di sana juga pasti macet,” pungkasnya.
(Benkz/wartapakwan.co.id