Terpilih Jadi Koordinator WI, Widi Hardjono Gercep Susun Kepengurusan dan Program Kerja

Publikasi

 

Ciaw Bogor – PPMKP : Widyaiswara (WI) Utama Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi Bogor, Widi Hardjono terpilih menjadi Koordinator WI (Korwid).

Tak menunggu waktu Ia langsung menyusun kepengurusan baru yang dituangkan dalam bentuk SK untuk ditandatangani Kepala PPMKP dilanjutkan dengan menyusun program kerja.

“ Kami sudah susun pengurus yang baru dan tinggal penyelesaian draft SK untuk ditandatangani Pak Kapus dan secepatnya akan nyusun program/kegiatan 2021. “ ungkapnya Kamis, (7/01/2021).

Ia melanjutkan WI merupakan bagian dari program/kegiatan sebuah lembaga pelatihan. Untuk itu WI haruslah memaksimalkan pelayanan pelatihan yang telah direncanakan oleh lembaga yang menaunginya.

“ Disamping itu tentunya juga kegiatan internal untuk WI yaitu peningkatan profesionalisme WI (sertifikasi profesi), Seminar, dan peningkatan kompetensi WI baik melalui online training maupun inhouse training dengan mempertimbangkan juga ketersediaan anggaran, “ lanjutnya.

Binda Kharismarina panitia pemilihan mengatakan mekanisme pemilihan dilakukan secara online diawali dengan menentukan terlebih dahulu persyaratan kualifikasi calon ketua dan mekanisme pemilihan. Persayaratannya calon korwid minimal jabatan madya/pangkat IIId, diutamakan yang belum pernah menjadi koordinator, dan sehat jasmani rohani.

“ Mereka yang masuk persyaratan masuk dalam daftar calon koordinator Koordinatorat WI, Setelah daftar nama WI yang masuk persyaratan sebagai calon koordinator ditentukan, WI memilih/voting, lalu dua suara terbanyak akan terpilih menjadi kandidat calon koordinator. Kemudian ditemukan dua suara terbanyak , WI voting lagi. Yang memperoleh suara terbanyakah yang menjadi koordinator WI, “ terang Binda.

Tetapi jika pada saat voting pertama sudah terlihat mayoritas suara, artinya ada satu orang yang suaranya sangat dominan, yakni 75 persen dari jumlah quorum maka atomatis terpilih menjadi ketua.

“ Quorumnya 2/3 jumlah WI. Dari mekanisme tersebut yang tepilih menjadi Koordinator WI periode 2021-2022 pak Widi Hardjono dan wakil pak Chidmat Hamdani, yang kemudian membentuk struktur kepengurusan bersama WI, “ tuturnya.

Terpilihnya Widi Hardjono mengundang berbagai ungkapan harapan dari rekan – rekannya sesama WI. Seperti diungkapkan Renata Inagurata Damanik. WI yang akrab disapa Poppy ini menyampaikan harapan agar korwid terpilih dapat menjadi jembatan antara fungsional dan manajemen serta dapat mewujudkan inspirasi dan kerja optimal untuk peningkatan kompetensi widyaiswara serta pengembangan pelatihan di PPMKP.

Mengutip arahan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Dedi Nursyamsi, menyampaikan bahwa lembaga pelatihan harus menghasilkan dan mencetak calon petani, petani milenial, praktisi atau eksekutor pembangunan pertanian yang profesional, kompeten, dan mempunyai jiwa wirausaha melalui pendidikan dan pelatihan. Untuk itu WI berperan dalam memfasilitasi “transfer of knowledge”. WI merupakan salah satu ujung tombak untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia peserta yang dilatih, dituntut untuk terus meningkatkan kompetensi dan kapasitasnya agar semakin profesional.

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui berbagai terobosan program yang digagas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo terus berupaya membangun kekuatan Sumber Daya Manusia (SDM). Ini dilakukan untuk mewujudkan percepatan penumbuhan dan penguatan petani muda dalam visi besar Indonesia maju.(Regi/PPMKP)