You are currently viewing Ratusan Penari dan Pendekar Cimande Bakal Meriahkan Pembukaan Porda Jabar 2018

Ratusan Penari dan Pendekar Cimande Bakal Meriahkan Pembukaan Porda Jabar 2018

Pakansari siap menyambut para atlet dan ofisial peserta Porda XIII Jabar 2018. Foto: Adi/wartapakwan.co.id

wartapakwan.co.id, CIBINONG – Jelang pembukaan Pekan Olahraga Daerah (porda) XIII Jawa Barat yang akan di gelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, sabtu (6/10) malam dipastikan bakal dimeriahkan tarian kolosal ‘Kujang Palagan’ oleh ratusan penari yang terdiri dari sejumlah sanggar seni terkemuka di Kabupaten Bogor.

Hal itu dikatakan Ketua Bidang Acara Pengurus Besar (PB) Porda Jabar 2018 Rahmat Sujana, tarian tersebut dipastikan bakal melibatkan 350 penari dan seratus pendekar Cimande.

“Sampai saat ini semua persiapan untuk acara pembukaan Porda Jabar terus dilakukan di lapangan dalam Stadion Pakansari,” tuturnya.

Selain menggunakan tema ‘Kujang Palagan’, sambungnya, pihaknya juga bakal lebih menonjolkan kujang sebagai salah satu identitas Jabar dan senjata tradisional khas Tanah Pasundan.

“Kujang itu senjata tradisional. Tapi kita tidak menggambarkan manfaat senjatanya, melainkan makna yang ada di dalamnya, yaitu ksatria, jujur dan sportif,”.

Selain kujang, Rahmat juga mengaku akan menonjolkan beberapa identitas khas Bogor lainnya pada upacara pembukaan pesta olahraga paling bergengsi di Jabar tersebut.

Ia memperkirakan opening ceremony ini akan dihadiri sekitar 13.000 penonton, termasuk tamu VVIP mulai dari unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) se-Jabar, Ketua pengurus olahraga dan beberapa unsur lainnya.

“Opening ceremony ini gratis, siapa saja bisa menyaksikan. Bahkan kami akan menyiarkannya secara langsung di salah satu televisi nasional,”.

sementara, Sutradara Pembukaan Porda Jabar 2018 Benny Krisnawardi menjelaskan, selain kujang, pihaknya juga bakal menampilkan sejumlah pertunjukan Silat Cimande dalam rangkaian pembukaan nanti.

“Selain kujang, kita juga bakal menonjolkan seni beladiri pencak silat sebagai salah satu seni beladiri tertua di Indonesia dan khas Jawa Barat. Intinya untuk total keseluruhan, kita melibatkan tujuh sanggar tari, seratus pesilat Cimande yang bakal terlibat di pembukaan nanti,” pungkasnya. (adi/wartapakwan.co.id)