PWI Kabupaten Bogor Dorong Jurnalis Ikuti Uji Kompetensi Wartawan

Galleries Komunitas POLHUKAM

wartapakwan.co.id, CIBINONG – Guna memberikan hasil berita berkualitas kepada masyarakat. Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Dewan Pers mendorong para jurnalis untuk mengikuti uji kompetensi wartawan (UKW).

Hal itu disampaikan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bogor H.Khoerul Azwar Siregar saat memberikan sambutan dalam kegiatan konferensi wilayah (konferwil) ke – 4 di Gedung serba guna I, Cibinong, Kabupaten Bogor, (26/11).

“Kita yang tergabung dalam PWI Kabupaten Bogor sampai sekarang jumlah wartawan yang sudah mengikuti uji kompetensi wartawan sebanyak tiga puluh satu orang, sekitar tujuh puluh persen dari anggota PWI Kabupaten Bogor,”

Ia berharap PWI Kabupaten Bogor, dalam kepengurusan selanjutnya dapat melanjutkan program uji kompetensi wartawan kepada para jurnalis yang belum mengikuti program tersebut.

“siapa pun yang akan terpilih nanti dikepengurusan selanjutnya bisa melanjutkan dari yang tiga puluh persen lagi untuk full temen-temen PWI mengikuti uji kompetensi wartawan,”

Selain uji kompetensi wartawan (UKW), pihaknya mengakui tahun lalu telah menggelar workshop tentang kepribadian untuk para jurnalis guna membentuk kepribadian seorang wartawan.

“Banyak sumber-sumber berita yang curhat kepada kami, bahwa wartawan itu kurang memiliki kepribadian baik dari segi bertamu, wawancara dan juga cara berpakaian,”

Sementara itu Bupati Bogor, Nurhayanti yang hadir dan sekaligus meresmikan kegiatan tersebut mengapresiasi karena menurutnya kegiatan tersebut sangatlah penting untuk memastikan komitmen bersama untuk menjamin optimalisasi pemberdayaan wartawan di Kabupaten Bogor.

“Langkah yang dilakukan oleh PWI Kabupaten Bogor di sambut oleh PWI pusat jadi langsung juga keluar aturan bahwa semua wartawan harus mengikuti uji kompetensi wartawan dan juga kepribadian,”

Dengan uji kompetensi wartawan menurutnya para jurnalis dapat meningkatkan kapasitas secara kongkrit dan merupakan sebuah tuntutan.

“Karena bagi saya PWI dan wartawan media adalah merupakan mitra kerja dan tentunya sangat memberikan kontribusi terhadap proses pembangunan dan proses pelayanan yang diberikan kepada masyarakat,”

Ia pun berharap kedepannya PWI Kabupaten Bogor dapat terus memberikan kontribusi terhadap pembangunan dan dapat melahirkan gagasan-gagasan baru guna mendorong eksistensi dan termasuk program kerja PWI.
(benkz/wartapakwan.co.id)