Pasca Sensus Penduduk Online, Mahasiswa IPB Membentuk Komunitas Gen-Us

Pendidikan

Pasca Sensus Penduduk Online, Mahasiswa IPB Membentuk Komunitas Gen-Us

Gen-Us merupakan singkatan dari Generasi Sensus yang diresmikan secara online melalui Google Meet pada tanggal 20 September 2020 oleh Pak Hendy, selaku perwakilan dari Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Barat. Gen-Us didirikan sebagai wadah pemberdayaan generasi Z yang digagas oleh mahasiswa IPB dalam ajang kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa IPB 2020 bekerjasama dengan SMA Kornita dan BPS Provinsi Jawa Barat. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat akan pentingnya pendataan dalam sensus penduduk Indonesia.

Anggota Gen-Us diantaranya yaitu siswa-siswi SMA Kornita yang terdiri dari 14 orang sebagai duta sensus di wilayahnya masing-masing. Gen-Us memiliki 3 pilar utama, yaitu educate, agregate, dan campaign yang terdiri dari tiga divisi. Pada pilar educate akan dijalankan oleh divisi Aksara Gen-Us untuk melakukan project edukasi online kepada masyarakat sekitar melalui media massa seperti Instagram, dan Facebook.

Pilar agregate akan dijalankan oleh divisi Gen-Us Go Data untuk belajar membaca dan menganalisis grafik sensus kependudukan Indonesia, serta melakukan pengumpulan data melalui soal pretest dan posttest kepada masyarakat mengenai pengisian sensus dan kendala dalam melakukan sensus secara online sebagai acuan untuk perbaikan sistem kedepannya. Sedangkan pilar campaign, akan dijalankan oleh divisi Creator Gen-Us. Pada divisi ini, tim akan melakukan publikasi dan branding Gen-Us melalui media massa. Selain itu, terdapat pelatihan softskill seperti public speaking kepada anggota Gen-Us. Harapannya yaitu agar komunitas Gen-Us dapat dikenal secara lebih luas dikalangan masyarakat sampai pada tahap sensus berikutnya.

Keberlanjutan program Gen-Us merupakan faktor terpenting didirikannya komunitas ini. Harapan kami yaitu agar Gen-Us dapat menjadi komunita yang populer dikalangan generasi millenial dan menjadi metode dalam peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan sensus online di Indonesia. Selain itu, Gen-Us dapat menjadi pionir atau percontohan pagi program kepemudaan lainnya dengan memanfaatkan generasi millenial sebagai generasi yang melek akan perkembangan teknologi digital saat ini. (Farina Ekarini)