Memasuki Tahun ke-9, Pekan Jurnalistik Semakin Meriah

Pendidikan

GABUNGAN Jurnalis MAN 1 Kota Bogor atau yang biasa disingkat Gajaman’s adalah ekstra kurikuler yang berada di MAN 1 Kota Bogor yang konsistensinya pada dunia jurnalistik pelajar agar mengembangkan minat dan bakat jurnalistik juga untuk mewadahi generasi millenial menumpahkan kreativitas nya dibidang jurnalistik khususnya dikalangan pelajar kota Bogor. Dengan mengambil tema “Interpretasi Era Millenial terkait Harmonisasi Teknologi dan Alam” Gajaman’s menggelar acara Pelatihan dan Perlombaan Jurnalistik 9. Acara tersebut adalah program kerja tahunan Gajaman’s yang pada tahun ke – 9 ini semakin meriah, terbukti dari antusiasme dan dukungan yang diberikan kepada Gajaman’s sangat luar biasa.
Pekan Jurnalistik 9 ini pula dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bogor Bpk H. Ansurullah, SH. MM. Beliau memberi sambutan sekaligus memotong pita sebagai simbol pembukaan acara ini. Bukan hanya peserta saja yang antusias dan memberikan dukungan pada Pekan Jurnalistik 9 ini. Panitia pelaksana juga mendapat banyak pujian dari pengisi acaranya. “Acara ini acara ter keren yang pernah saya datangi.” Tutur Tjahyadi Ermawan, Ketua Perwarta Foto Indonesia (PFI) Bogor, yang menjadi salah satu pemateri Pelatihan Jurnalistik 9.
Acara yang digelar 2 hari, tepatnya pada Sabtu (19/10/19) di Aula Fakultas Hukum Universitas Ibn Khaldun Bogor, dan Minggu (20/10/19) di Madrasah Aliyah Negeri (MAN)1 Kota Bogor ini, telah membuka afiliasi bagi peserta maupun panitia pelaksana. Seperti instansi pendukung acara ini, yakni Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor, dan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Bogor, yang telah bersedia menjadi pemateri pada Pelatihan Jurnalistik 9.
Tak hanya materi pada pelatihan saja yang memeriahkan acara ini, peserta juga disuguhkan penampilan dari ANT Band yang mengisi waktu istirahat peserta dan panitia, sukses meninggalkan kesan indah bagi setiap individu. “Penampilan ANT Band sangat enerjik, bagus dan menghibur.” Ujar salah satu panitia pelaksana.
Disusul dengan puncak acara, yakni pada Minggu (20/10/19) perlombaan yang terdiri dari lomba membawa berita, membaca puisi, menulis artikel, kreativitas mading, poster gambar, dan photography berlangsung dengan lancar dan seluruh pihak menjunjung tinggi sportifitas. Nunung Suharti selaku Direktur Utama Gajaman’s pada pembukaan perlombaan Jurnalistik menyampaikan banyak terimakasih atas antusias seluruh peserta dalam mengikuti acara ini.
Pekan Jurnalistik 9 yang dihadiri oleh 154 siswa SMP/Mts dan SMA/MA/SMK se – derajat se – Bogor Raya ini, bukanlah sekedar ajang kompetisi. Segenap panitia berharap, acara ini dapat menjadi modal awal bagi peserta dan panitia pelaksana untuk menjadi jurnalis yang kritis, kreatif, dan inovatif kedepannya.***

Salam jurnalis muda!
– Hana Umar dan Rachmah Fachri –