Corona Merebak, PPMKP Manfaatkan Media Daring Klasifikasi P4S

Publikasi

Ciawi Bogor – PPMKP : Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) manfaatkan media dalam jaringan (daring) yakni dengan teleconference dalam melakukan klasifikasi Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) mulai Kamis (19/3). Cara ini dilakukan untuk mesiasati pembatasan kegiatan dinas luar karena mewabahnya virus Corona (Covid 19), sesuai arahan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Dedi Nursyamsi.
Teleconference melibatkan Osi Wida Rosita Kepala Seksi Program dan Kerjasama, didampingi Widyaiswara selaku enumerator di Ruang Rapat Utama Komplek Candra dan Pengelola P4S didampingi PPL pendamping di lokasi P4S.
Meskipun klasifikasi hanya dengan teleconference tetapi prosesnya tetap berlangsung hangat. Dengan sigap pengelola P4S menjawab pertanyaan – pertanyaan yang dilontarkan sambil sesekali menyelipkan guyonan yang mengundang tawa.
Pertanyaan meliputi sarana dan prasarana yang dimiliki, meliputi lahan usaha tani (Ha), kapasitas ruang belajar dan sarana belajar, sekretariat dan sarananya, peralatan pertanian, perpustakaan, asrama dan sarana MCK, penerangan, akses jalan hingga pengembangan usaha dan jejaring kerja.
“ Walaupun tidak dengan kunjungan, melalui meeting online ini kita berusaha untuk kita merasa ada dilokasi, dengan cara pengelola P4S dan PPL dari Dinas menunjukan secara langsung melalui kamera sarana yang dimiliki, secara detil, “ ujar Osi.
Dengan demikian kata Osi, enumerator bisa melihat dan hal tersebut dijadikan sebagai bahan untuk memberikan nilai yang kemudian menjadi acuan untuk menentukan kelas sekaligus sebagai bahan untuk pengajuan penyaluran bantuan pemerintah tahun 2020.
Klasifikasi P4S secara daring akan berlangsung hingga Selasa (24/3) mendatang Tidak kurang dari 16 P4S penumbuhan di Jawa tengah dan DKI Jakarta dijadwal untuk melakukan teleconference.(RG/PPMKP)