You are currently viewing BMKG Dramaga: Bogor Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrim

BMKG Dramaga: Bogor Berpotensi Dilanda Cuaca Ekstrim

 

Wartapakwan.co.id, DRAMAGA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dramaga memperkirakan wilayah Se-Bogor berpotensi dilanda cuaca ekstrim. Hal tersebut diakibatkan oleh peralihan musim kemarau ke musim hujan atau sebaliknya.

Kepala Seksi Pusat Data dan Informasi BMKG Dramaga, Hadi Saputra menjelasakan semua wilayah yang berpotensi terkena cuaca ekstrim disebabkan tumbuhnnya awan cumulonimbus.

“Peralihan musim ini dimulai dari bulan Oktober sampai November atau Desember habis itu masuk musim hujan,” ujar Hadi Saputra kepada wartapakwan.co.id

Hadi mengatakan, cuaca ekstrim yang dimaksud adalah dapat menyebabkan hujan lebat dalam waktu singkat, angin kencang, puting beliung , petir, sampai hujan es.

“Penyebabnya karena tumbuhnya awan cumulonimbus yang biasa hidup di musim peralihan ini.” Lanjut Hadi.

Tambah Hadi, musim peralihan di Bogor sudah mulai terlihat dengan ditandainya petir dan perubahan cuaca dipagi hari cerah sedangkan disore hari terlihat mendung.

“Untuk hujannya sendiri kami prediksikan antara sore hari hingga malam hari.” ucapnya.

Masyarakat harus tetap tenang namun waspada jika sudah muncul suara petir, jangan berlindung di bawah pohon atau papan reklame maupun saung, karena rawan terkena petir juga dapat terkena angin kencang.

“Masyrakat harus selalu update informasi dari BMKG dan sedia jas hujan atau payung jika bepergian.” Pungkas Hadi Saputra. (wartapakwan.co.id / Sandika)