979 CPNS Kementan dan Lembaga Lain Ikuti Pelatihan Dasar di PPMKP

Publikasi

Ciawi Bogor – PPMKP : Sebanyak 979 CPNS golongan III dan II Kementerian Pertanian dan Kementerian serta Lembaga lain akan mengikuti pelatihan dasar (latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi Bogor selama tahun 2021.

Dalam pelaksanaannya pelatihan dibagi kedalam delapan gelombang atau 31 angkatan terdiri dari 20 angkatan golongan III dan 11 angkatan golongan II. Pelaksanaan digelar hingga bulan Oktober mendatang.

Gelombang pertama latsar CPNS diikuti sebanyak 154 orang Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kementerian Pertanian, Badan Keamanan Laut (Bakamla), Kementerian Politik Hukum dan Keamanan (KemenPolhukam).

 

Pelatihan dasar tersebut merupakan salah satu syarat mutlak agar mereka resmi menjadi PNS.

Eri Herlina Subkoordinator Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan PPMKP mengungkapkan latsar CPNS meliputi empat tahap kegiatan yaitu pembelajaran mandiri melalui MOOC (Massive Open Online Course), pembelajaran jarak jauh (Distance Learning) melalui virtual zoom meeting, aktualisasi di tempat kerja masing-masing, dan pembelajaran secara klasikal atau tatap muka.

Para CPNS hanya memiliki hak untuk mengikuti latsar sebanyak satu kali. Apabila gagal, maka haknya untuk menjadi PNS juga gagal.

 “Bagi peserta yang tidak lulus, tidak dapat mengulang latsar CPNS pada gelombang berikutnya,” kata dia

Kepala Biro Umum Badan Kemananan Laut, Laksamana Pertama (Laksma) Amin Budi Cahyono menyatakan latsar CPNS merupakan sarana untuk membangun integritas, motivasi dan semangat nasionalisme. Setelah menjalani latsar CPNS ini, para peserta latsar diharapkan mampu mengembangkan kompetensi yang terintegrasi.

“ Pelatihan dasar CPNS bertujuan untuk mengembangkan kompetensi yang dilakukan secara terintegrasi. Kompetensi diukur berdasarkan kemampuan menunjukkan sikap bela Negara, mengaktualisasikan nilai – nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatan, mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam NKRI, dan menghidupkan penguasaan kompetensi teknis yang dibutuhkan sesuai dengan bidang tugasnya, ” ungkapnya dalam pembukaan Senin (19/04/2021).

Amin menambahkan PNS harus memenuhi karakter dan kepribadian tangguh sesuai dengan motto ASN yang professional, loyalitas, dan berintegritas. Ia pun menekankan setelah mengikuti latsar CPNS dapat mengimplementasikan nilai – nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugasnya sehari – hari.(Nita M/Regi – PPMKP).