500 Penggiat Lingkungan Kabupaten Bogor Ikuti Pelatihan Daur Ulang Sampah

wartapakwan.co.id, CIBINONG – Sebanyak 500 peserta dari sejumlah komunitas penggiat lingkungan dan Pesantren di Kabupaten Bogor ikuti pelatihan daur ulang sampah di Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor, Senin (19/11).

Kegiatan yang fasilitasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) merupakan upaya pengurangan dan memanfaatkan limbah sampah yang ada disekitar sehingga volume sampah dapat berkurang.

Kepala Seksi Pengurangan Sampah
Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bogor, Nur Haryanti memaparkan, kegiatan tersebut bertujuan agar masyarakat dapat mengelola sampah dan dengan sampah bisa bermanfaat.

“Agar masyarakat berkawan dengan sampah dan kelola sampah menjadi berkah, karena pengurangan sampah
selain sampah organik dan an organik. Organik adalah sampah basah dengan cara kita membuat resapan lubang biopori di setiap rumah jadi permasalahan sampah sudah terkelola dari sumbernya,” paparnya pada wartapakwan.co.id

Dan sampah an organik atau sampah kering menurutnya dapat di sumbangkan melalui bank sampah dan nantinya dapat dibuat berbagai macam kreasi agar sampah menjadi nilai tinggi.

Pihaknya pun mengakui dari hasil kerajinan dari peserta pelatihan kedepannya akan bekerjasama dengan salah satu pengrajin di Kabupaten Bogor.

“Kita kedepannya akan bekerjasama dengan saraga art untuk pemasarannya dan nanti mereka akan dilibatkan apabila kita ada kegiatan pameran,” tuturnya.

Sementara, salah satu anggota Bank sampah di Perum Ciampea Asri Desa Benteng Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Umi Maryam yang hadir mengikuti pelatihan saat itu mengapresiasi kegiatan tersebut, ia mengakui pelatihan daur ulang sampah sangat bermanfaat terutama untuk anak muda.

“Tadi dari narasumbernya berharap peserta yang hadir ingginnya dari karang taruna tapi ternyata ibu-ibu, saya berpikir kreatifitas daur ulang paralon hanya untuk tanaman tapi setelah melihat hasil kreatifitas dari narasumber jadi terinspirasi,” ungkapnya.
(adi/wartapakwan.co.id)