LSP Lahirkan Jurnalis Mandiri

Suasana Pers Education 2017 yang digelar LSP Unida di Vila Cidokom, Cisarua. Foto: panitia/LSP

WartaPakwan-Dalam rangka pengukuhan Insan Muda, Lingkar Studi Pers (LSP) Universitas Djuanda mengadakan kegiatan PERS EDUCATION dengan tema “Membangun Percaya diri menjadi jurnalis mandiri” di Villa Cidokom Indah pada tanggal 23-24 Desember 2017.

Kegiatan ini merupakan agenda rutin LSP yang diadakan setiap tahunnya, Kegiatan ini diikuti sebanyak 38 peserta Insan Muda LSP 2017, selain itu acara Pers Education (PE) di isi oleh berbagai Jurnasil Professional, diantaranya, Achmad Syarifudin dan Ketua Pewarta Foto Indonesia (PFI) Bogor, Raden Tjahyadi Ermawan.

Achmad Syarifudin merupakan seorang penerima beasiswa Tempo Institute. Dia menjelaskan mengenai sistematika penulisan berita, seperti penggunaan 5W+1H. Achmad juga memberikan tugas kepada para peserta Pers Education untuk membuat berita sebagai bentuk praktik akan materi yang telah disampaikannya. Satu lagi pemateri disampaikan oleh Raden Tjahyadi selaku ketua Pewarta Foto Indonesia Bogor. Pria yang akrab disapa Kang Acay tersebut menjelaskan mengenai pentingnya foto dalam pemberitaan.

“Foto itu merupakan hal penting dalam berita. Wartawan tidak boleh kehilangan momen kejadian untuk difoto lalu kemudian dimuat dalam berita. Karena sebuah kejadian tidak akan bisa terluang 2 kali sehingga foto harus didapatkan sebaik mungkin,” tuturnya.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari 1 malam ini pun sekaligus menjadi ajang diskusi bersama Jurnalika yang merupakan pers mahasiswa dari Politeknik AKA Bogor mengenai perkembangan pers mahasiswa di setiap kampus.

Kegiatan ini ditutup secara khidmat pada Minggu (24/12) dengan kegiatan outbond di pagi hari untuk menambah semangat dan kebugaran peserta.  Setelah menerima materi jurnalistik, peserta terjun langsung ke pemukiman Cidokom untuk mencari peristiwa keseharian yang dapat dijadikan berita. Saat penutupan berlangsung, Peserta dibuat antusias dengan penghargaan yang diberikan kepada setiap kelompok. Euforia semakin bertambah dengan terpilihnya Muhammad khafi sebagai jurnalis putra 2017 dan Elsa Nuranisyah sebagai jurnalis putri 2017. Pemilihan berdasarkan rutinitas kajian sebelum acara dan keaktifan selama acara berlangsung. “Kami siap untuk semangat dan menguatkan insan Lingkar Studi Pers 2017”, tutur khafi dan elsa. (Frasasthi Ramashita/LSP Unida)