DPMPTSP Kota Bogor Gelar Kegiatan Sosialisasi Pelayanan Perizinan Online Tahun 2017

Sosialisasi pelayanan perizinan online.

Dalam rangka memberikan gambaran dan informasi kepada seluruh stake holder maupun masyarakat terkait dengan berbagai usaha yang dilakukan oleh DPMPTSP Kota Bogor dalam memberikan pelayanan publik terbaik khususnya dalam pelayanan perizinan secara prima dan optimal. DPMPTSP bekerjasama dengan Bagian Hukum dan HAM Setda Kota Bogor menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Pelayanan Perizinan Online Tahun 2017 dengan mengundang sekitar 100 orang peserta yang terdiri dari perwakilan Dinas dan Instansi terkait di lingkungan Pemerintah Kota Bogor, Camat se-Kota Bogor, Asosiasi Usaha serta Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kelurahan se-Kota Bogor. Acara diselenggarakan pada hari Senin Tanggal 18 Desember 2017 bertempat di Ruang Paseban Sri Baduga Balaikota Bogor.

Kegiatan Sosialisasi Pelayanan Perizinan berbasis Online dibuka oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Bogor dengan Narasumber Kegiatan antara lain, A. Ellys Sontikasyah, Kasubag Perundang-undangan pada Bagian Hukum dan HAM Setda Kota Bogor, Rudy Mashudi, ST, MP, Kepala Bidang Perizinan Pemanfaatan Ruang pada DPMPTSP Kota Bogor, Mohammad Arifin, SE, M.Si Kasi Sistem Informasi pada DPMPTSP Kota Bogor.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Kota Bogor H. Denny Mulyadi, SE dalam sambutannya mengatakan bahwa terdapat beberapa usaha dan langkah-langkah inovasi dalam mendukung perubahan dan peningkatan pelayanan perizinan yang telah dilakukan oleh DPMPTSP Kota Bogor antara lain telah dilaksanakan kerjasama integrasi system dengan lembaga teknis lainnya seperti dengan Direktorat Jenderal Pajak terkait dengan KSWP, BPJS Kesehatan dan Ketenaga Kerjaan, Kementerian Perdagangan RI (SIPO), BKPM RI (SPIPISE), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Bogor, serta Bapenda Kota Bogor.

Habis itu, dari 57 layanan perizinan dan non perizinan, saat ini telah 20 (dua puluh) layanan perizinan yang dapat dilaksanakan secara online.
Melakukan kerjasama dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika RI terkait dengan pemberlakuan certificate authority (CA) atau sertifikat digital, melalui sistem ini proses penerbitan Surat Keputusan (SK) dapat dilakukan secara elektronik sehingga proses penandatanganan SK tidak terbatas oleh waktu kerja sehingga proses penandatangan dapat dilakukan dimana saja dengan cepat.
Melakukan penyempurnaan sistem perizinan online dengan melaunching aplikasi “SIAP SMART” sebuah aplikasi yang menyediakan akses kepada seluruh lapisan masyarakat terkait dengan kepengurusan izin. Aplikasi “SIAP SMART” ini dapat diunduh secara gratis pada Telephone Selular melalui Play Store. Aplikasi “ SIAP SMART ini berisi berbagi fitur yang sama dengan website perizinan.kotabogor.go.id yang menyediakan akses untuk pengurusan sebanyak 20 (dua puluh) jenis perizinan.

Selain itu, dalam Kegiatan Sosialisasi Pelayanan Perizinan Online Tahun 2017 ini, Kepala Bidang Penanaman Modal DPMPTSP Kota Bogor, Denni Wismanto, SE. MM selaku Ketua Panitia Penyelenggara kegiatan juga menyampaikan bahwa berbagai langkah inovasi yang telah dilakukan oleh DPMPTSP Kota Bogor telah sejalan dengan Program Pemerintah Pusat yang mendorong agar setiap daerah dapat berperan aktif untuk mewujudkan program Ease In Doing Business (EODB) atau kemudahan dalam berusaha karena pelayanan perizinan merupakan faktor yang cukup besar dalam memberikan kontribusi dalam kemudahan berusaha. Dan kedepan melalui berbagai proses pembangunan sistem yang sedang terus dilaksanakan, pelayanan perizinan berbasis on line mudah-mudahan dapat diberlakukan untuk semua pelayanan perizinan yang menjadi kewenangan DPMPTSP Kota Bogor. “Diharapkan seluruh peserta kegiatan sosialisasi yang terdiri dari unsur dinas/instansi di lingkungan Pemerintah Kota Bogor, perwakilan dari asosiasi usaha serta unsur aparat wilayah (Kecamatan dan Kelurahan) di Kota Bogor  dapat memahami materi yang disampaikan oleh para narasumber dan kemudian dapat secara masif untuk meneruskan gambaran dan informasi tersebut kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing,”ujar Deni. (Erwan)