1021 Foto (Bicara) Keindahan Cibinong Raya

Warga Cibinong, termasuk anak-anak menikmati sajian keindahan panorama Cibinong melalui karya foto para finalis dan juara Lomba Foto Betah di Cibinong persembahan Bappeda Litbang Pemkab Bogor dan PFI Bogor, foto tjahyadi ermawan/sandika fadilah

Cibinong | WartaPakwan

Untuk yang pertama kalinya, Bappedalitbang Kabupaten Bogor bekerjasama dengan Pewarta Foto Indonesia (PFI) Bogor menyelenggarakan lomba foto Betah di Cibinong untuk kalangan umum dan pelajar. Lomba ini digelar dengan tujuan mengangkat destinasi wisata, sarana dan prasarana, infrastruktur, dan fasilitas umum di Kabupaten Bogor yang membuat masyarakat merasa nyaman dan betah berada di Cibinong.

Lomba yang dibuka sejak 20 September lalu dan berakhir pada 8 November 2017 ini berhasil menjaring 1.021 karya foto dari kategori umum dan pelajar. Penilaian foto memakai sistem poin terbesar untuk menentukan tiga pemenang dari masing-masing kategori. Sedangkan empat orang juri yang menjadi tim penilai dalam lomba foto ini yaitu; Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor, Syarifah Sofiah, Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR, Endra S Atmawidjaja, dan dua orang Perwakilan PFI Bogor, Kelik Widianto dan Dwi Susanto.

Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor, Syarifah Sofiah, mengatakan, penilaian dilakukan melalui beberapa tahap diantaranya; kesesuaian tema, kreatifitas, Informatif, originalitas karya dan administrasi kelengkapan data. Dari 1.021 foto yang masuk, dipilih 700 foto kemudian disaring kembali menjadi 50. Dari 50 foto, per-kategorinya dipilih tiga besar yang akan ditentukan sebagai pemenang.

 

“Meski lokasi pengambilan foto hanya meliputi enam kecamatan, ternyata sudah lumayan banyak lokasi yang cukup nyaman di Kabupaten Bogor. Ini bisa saya lihat melalui karya foto peserta, walaupun di sisi lain masih banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan pemerintah daerah,“ kata Syarifah, Sabtu (25/11/17).

Syarifah menuturkan, dipilihnya tema Betah di Cibinong karena ingin merubah mainset masyarakat untuk mencintai dan merawat lingkungannya yang kadang hal itu kurang disadari padahal mereka sudah nyaman tinggal di Cibinong.

“Tujuan utama dengan adanya lomba foto ini adalah supaya tumbuh peran serta masyarakat dalam menjaga dan mencintai lingkungannya sehingga lebih betah dan nyaman tinggal di Cibinong karena lingkungannya bersih dan indah. Apalagi melihat foto-foto peserta yang sebagian besar berlatarbelakang situ. Sangat pas dengan rencana pemerintah daerah yang akan mencanangkan Situ Front City,” jelasnya.

Sementara, ditempat terpisah, Ketua PFI Bogor, Tjahyadi Ermawan, berharap lomba tersebut tidak sekedar seremonial lomba saja, namun bisa memberikan dampak positif bagi peserta khususnya, dan masyarakat pada umumnya. Termasuk ini juga sebagai masukan bagi Pemerintah Kabupaten Bogor untuk lebih baik lagi.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Bappedalitbang Kabupaten Bogor yang telah memberikan kepercayaannya kepada PFI Bogor untuk bisa bekerjasama dalam melangsungkan kegiatan ini dan juga kepada semua peserta lomba foto atas partisipasinya. Kami juga memohon maaf jika masih banyak kekurangan dalam menyelenggarakan lomba ini. Kami berharap melalui lomba foto ini bisa memperkenalkan keindahan Kabupaten Bogor kepada masyarakat dan yang terpenting bisa menumbuhkan kesadaraan untuk menjaga kenyamanan yang ada di Cibinong,” ungkapnya.

Masukan dan harapan juga disampaikan oleh beberapa pemenang lomba foto. Seperti disampaikan Lidya Isma Sanjaya, juara tiga pada kategori umum. Lidya mengungkapkan merasa senang mengikuti lomba foto ini karena bisa menjadi wadah bagi pecinta fotografi untuk menyalurkan hobi dan kreatifitas. Sedangkan saat ditanya mengenai kesan tinggal di Kabupaten Bogor, ia menyampaikan, dirinya merasa nyaman kerena banyak perkembangan dan kemajuan di Cibinong saat ini.

“Kabupaten Bogor memiliki banyak objek wisata, dan yang pasti sekarang ini banyak infrastruktur dan fasilitas untuk umum yang sudah dibangun,” ujar wanita asli Purwokerto yang sudah 11 tahun tinggal di Bogor.

Hal senada juga dikatakan Apriyadin Yustisio, yang terpilih sebagai juara favorit dari kategori pelajar. “Lomba ini bagus untuk menambah pengalaman dan tentunya mengasah skil serta kreatifitas kita,” pungkas pelajar kelas 12 asal SMA Borces.

Tidak hanya lomba foto, 50 foto terbaik akan dipameran selama dua pekan mulai 25 November di Plaza Situ Front City kawasan Tegar Beriman dan di Cibinong City Mall (CCM) mulai 26 November hingga 10 Desember 2017. (tjahyadi ermawan)