Inilah Pesan Pangrango dari Para “Dewa Gunung” Indonesia

Para perintis dan sesepuh pecinta alam yang juga dikenal sebagai ‘Dewa-dewa Gunung Indonesia merilis Pesan Pangrango bagi seluruh Warga Negara Indonesia, khususnya para pegiat pecinta alam.

Kabut dan dinginya kawasan Camping Ground Tanakita, Kadudampit, Sukabumi pada Kamis (24/8/2017) malam tak menyurutkan para “Dewa Gunung” untuk menyampaikan pesan moral bagi para suksesor alias penerus mereka.

“Kami malam ini berkumpul, selain bersilaturahmi setelah puluhan tahun tak berjumpa, juga untuk mengatakan kembali, mengingatkan lagi tentang kode etik pecinta alam, dimana setiap kita adalah sama dan tidak boleh membeda-bedakan suku, agama, ras dan golongan,” tegas Abah Iwan Abdurrahman salah seorang senior Wanadri yang juga diamini oleh para senior lainnya.

Dalam konteks berbangsa dan bernegara, kode etik dan moral pecinta alam juga sangat relevan. “Himpunan atau komunitas pecinta alam adalah miniaturnya Indonesia. Dimana perbedaan itu ada, namun perbedaan itu justru menjadikan kita kaya dan menjadi pemersatu,”sambung Abah Iwan.(cay)