Lukisan Cangkang Telur Istimewa ala Bang Dul

 

Pengrajin lukisan telur menunjukkan karyanya. Foto: wartapakwan.co.id/SandikaFadilah

Wartapakwan.co.id –

Bambang Sutrisno yang disapa bang Dul (67) adalah salah satu pengrajin asal Kota Bogor. Dia dikenal sebagai master dalam membuat lukisan yang terbuat dari cangkang telur.

Dia mulai menyukai dan menekuni hobinya membuat lukisan dari cangkang telor sejak tahun 2013 silam.

Bambang Sutrisno mengatakan saat ia mulai menyukai hobinya karena miris melihat sampah cangkang telur yang berserakan di sekitar rumahnya, lalu mulai lah dirinya berniat untuk mendaur ulang cangkang telur tersebut menjadi karya seni lukis. “Awalnya saya prihatin melihat cangkang telur yang berserakan, saya coba kumpulkan. Setelah itu saya cuci dan saya coba skatsa untuk saya lukis.” ujarnya saat di temui di rumahnya di Jalan Tatapakan II no 1, Bantar Jati, Kota Bogor. Selasa (01/08/2017).

Lukisan pertama yang ia buat yaitu artis Mancanegara yang memang cukup terkenal dan banyak dikenal masyarakat dunia, yaitu Marilyn Monroe. Selain itu ia pun melukis tokoh-tokoh penting untuk hasil karyannya. Dia mengaku bahwa tokoh-tokoh tersebut mempunyai peran penting dan daya tarik tersendiri bagi penikmat seni khususnya penikmat seni lukis.

Tokoh yang digambarkan dalam lukisan diantaranya Presiden pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno sampai Presiden ke tujuh Ir Joko Widodo, dan masih bayak tokoh yang lainnya.

Lanjut Bambang, dirinya juga mengaku pernah mengukti pameran seni yang diadakan di BSD, dan banyak dari masyarakat yang mengapresiasi hasil karyanya, sampai ada yang tertarik membeli karyanya tersebut dengan harga yang relatif terjangkau.

” Setelah saya mengikuti pameran ternyata dapat apresiasi dari masyarakat, lalu juga ada yang berminat dengan lukisan IR Soekarno dan lukisan Kaligrafi.” lanjut Bambang. Bambang pun menambahkan, tidak terlalu sulit dalam membuat lukisan cangkang telur ini, namun membutuhkan ketelitian dan kesabaran tingkat tinggi. Pasalnya dalam sebuah karya ia memerlukan waktu 3-4 mingggu, agar hasil karya seni ini bisa maksimal dan memuaskan.

” Kisaran pembuatan lukisan ini antara dua smpai tiga minggu, paling lama satu bulan.Tergantung moodnya.” ucapnya.

Dalam menjadi sebuah karya seni yang maksimal membutuhkan beberapa jenis cangkang telur seperti, telur ayam negri, telur ayam kampung, telur bebek dan telur bebek yang sudah diasapi.

” Telur kampung untuk warna putih, ayam negri untuk warna coklat serta telur bebek untuk warna biru, dari tiga warna itu kita rendem bersama daun daunan. Seperti, Daun Jambu dan lainnya.” tambahnya.

Bambang Sriyanto pun berharap pemerintah untuk lebih meperhatikan dan melihat seniman-seniman untuk diberikan wadah tersendiri, agar mudah dalam mengikuti ajang-ajang seperti pameran seni. ” Saya berharap di Bogor sendiri ada satu tempat Galeri untuk menampil kan karya saya.” pungkasnnya. (sandika)