Disdukcapil Kota Bogor Selangkah Lebih Maju, Sajikan Data Real Time Melalui Sitanduk

inilah tampilan sistem layanan data Blue Room Disdukcapil Kota Bogor yang dinamai Sitanduk. Foto: Anas Sandi | wartapakwan

Acungan jempol untuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bogor. Kini, database kependudukan bisa disajikan lebih akurat, real time dan bisa dimanfaatkan untuk data awal perencanaan pembangunan di seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota Bogor.

Hal ini menyusul diresmikannya penggunaan Blue Room Disdukcapil Kota Bogor yang menerapkan Sistem Informasi Data Administrasi Kependudukan atau disingkat menjadi Sitanduk oleh Walikota Bogor Bima Arya pada Kamis (30/3/2017) di Kantor Disdukcapil, Jalan Achmad Adnawijaya, Bogor Utara.

Menurut Kepala Disdukcapil Kota Bogor Dodi Achdiyat, Sitanduk adalah pengembangan dari Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang dikembangkan lagi oleh Disdukcapil Kota Bogor.

”Sitanduk berisi data penduduk Kota Bogor mulai dari tingkat kota, kecamatan, kelurahan hingga tingkat Rukun Warga (RW), Rukun Tetangga (RT) bahkan bisa diakses sampai by name by address penduduk yang diaplikasikan dalam diagram statistik untuk mempermudah pembacaan profil data penduduk Kota Bogor mulai dari jumlah penduduk, jumlah kepala keluarga, struktur umur, jenis kelamin, jenis pendidikan, dan lainnya sesuai dengan elemen data formulir permohonan kartu keluarga,”jelas Dodi. (cay)