Bupati Bogor: e-Voting Pilkades di Ciseeng Terobosan Luar Biasa

Bupati Bogor Hj Nurhayanti didampingi Sekda Adang Suptandar meninjau pelaksanaan Pilkades Babakan, Kecamatan Ciseeng yang menggunakan metode pemungutan suara elektronik (e-voting), Minggu (12/3) 2017. Foto: tjahyadi ermawan l wartapakwan.co.id

Penerapan sistem e-voting pada Pilkades Desa Babakan, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor merupakan terobosan yang luar biasa. Hal ini diungkap Bupati Bogor Hj.Nurhayanti kepada wartawan disela-sela peninjauan Pilkades e-voting di Ciseeng, Minggu (12/3) 2017.

“Ini (e-voting) luar biasa. Menekan angka kecurangan, lebih akurat, lebih cepat dalam rekapitulasi dan sangat efisien dalam anggaran. Yang tadinya harus belasan TPS, ini cukup terpusat satu TPS, jadi lebih hemat anggaran,” ujar Nurhayanti.

Kepada wartawan, Nurhayanti juga akan mengevaluasi sistem e-voting ini untuk bisa diterapkan dalam pilkades lainnya maupun Pilkada Kabupaten Bogor 2018 nanti.

“Sejauh ini sangat efisien dari segi anggaran, dan punya banyak keunggulan. Namun demikian, kami akan kaji dulu. Pastinya ini terobosan yang bagus,”pungkasnya. (Cay)