Diskarpus Siap Kirim Mobil Perpustakaan Keliling ke SDN Pakuan

Buku-buku yang masih bisa diselamatkan disimpan di ruang kelas 1 SDN Pakuan. Inzet Encep Moh Ali Alhamidi Sekretaris Diskarpus Kota Bogor. Foto: cay | wartapakwan.co.id

Wartapakwan.co.id,- Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Bogor merespon cepat musibah ambruknya ruang perpustakaan SDN Pakuan yang terjadi pada Minggu (12/2) 2017. Mobil perpustakaan keliling disiagakan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Hal ini diungkap Sekretaris Diskarpus Kota Bogor, Encep Moh Ali Alhamidi kepada wartapakwan.co.id.

”Prinsipnya hak-hak siswa dalam kegiatan literasi yang akan coba kami bantu. Karena informasinya, tinggal 60 persen saja buku yang masih bisa diselamatkan. Itu pun butuh waktu untuk mendata dan menata ulang. Jadi, hari ini kami akan kordinasi dengan dinas terkait dan juga pihak sekolah. Sekiranya apa saja yang bisa Diskarpus bantu,” jelas Encep.

Seperti diberitakan sebelumnya, akibat musibah ambruknya ruang perpustakaan tercatat lima unit computer, alat peraga dan sekitar 1.580 ekslempar buku rusak. Pihak sekolah untuk sementara menyimpan sisa-sisa buku yang masih bisa diselamatkan di ruang kelas 1, persis disebelah perpustakaan yang ambruk.

Di tempat terpisah, Kepsek SDN Pakuan, Nung Widayanti S.Pd mengakui robohnya atap perpustakaan berdampak pada kegiatan literasi. “Ya, tentu saja berdampak pada siswa kami. Mudah-mudahan bisa ada mobil perpustakaan keliling. Paling tidak, anak-anak kami masih bisa meminjam buku. Kalau nunggu perbaikan, pasti butuh waktu dan proses. Walaupun memang tidak 100 persen bergantung pada perpustakaan” bebernya. (cay)