Ngaguar Sejarah Tarumanagara, 140 Siswa Polpat Kunjungi Prasasti Ciaruteun

 

Siswa dan guru SDN Polisi 4 pose di batu tapak kaki gajah, tak jauh dari prasasti Ciaruteun. Foto: Polpat for wartapakwan.co.id

Sedikitnya 140 siswa kelas empat SDN Polisi 4 (Polpat) Kota Bogor, medio pekan ini, melakukan visitasi ke Kompleks Prasasti Ciaruteun, Ciampea, Kabupaten Bogor.

Menurut guru koordinator kelas 4, Hj Erna Julaeha, pihaknya membawa siswa ke Ciaruteun karena sesuai dengan Tema 6 sub tema 3. “Polpat sudah jalan tiga tahun melaksanakan kurikulum 2013. Saat ini, bertepatan temanya mengenai salah satu situs. Maka, kami membawa anak-anak ke Prasasti Ciaruteun, supaya mereka mengetahui sejarah bahwa pernah ada kerajaan besar di kawasan ini, yaitu Kerajaan Tarumanagara,” jelas Erna.

Dalam pembelajaran luar kelas ini, lanjutnya, turut serta sebanyak 10 guru pendamping guna mendukung kelancaran dan keamanan para siswa dalam menjalankan aktifitasnya.
Prasasti Ciaruteun terletak di Desa Ciaruteun Ilir, kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor; tepatnya pada koordinat 6°31’23,6” LS dan 106°41’28,2” BT. Lokasi ini terletak sekitar 19 kilometer sebelah Barat Laut dari pusat kota Bogor. (cay)